MAKALAH
INTERNET, INTRANET & EKSTRANET
DI
S
U
S
U
N
OLEH
RAHMADI
KELAS : XII.IPS.3
SMA NEGERI MEGANG SAKTI
KABUPATEN MUSI RAWAS
TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena
atas petunjuknya akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada
waktunya.
Makalah ini dibuat oleh penulis guna
memnuhi tugas "SEKOLAH”. Adapun isi dari makalah
ini hal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen; seperti definisi
Internet, Intranet, Ekstranet serta implementasinya dan keunggulan kompetitif
perusahaan.
Penulis mengucapkan banyak terima
kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah
ini. Selain itu penulis memohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam
penyusunan makalah ini dan penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun
bagi penulis
14 oktober 2012
RAHMADI
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………. 2
Daftar Isi ………………………………………………………….. 3
Pendahuluan ………………………………………………………. 4
A. Pengertian Internet …………………………………………… 5
1.1. Fasilitas internet ………………………………………………. 5
1.2. Istilah yang sering digunakan ………………………………… 5
B. Pengertian Intranet …………………………………………….. 6
C. Pengertian Ekstranet …………………………………………… 7
1.1. Tipe-tipe ekstranet ……………………………………………. 7
Implementasi 8
Keunggulan kompetitif perusahaan 8
Daftar Pustaka 10
PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah salah satu
dari lima subsistem utama CBIS. Tujuannya adalah memenuhi kebutuhan informasi
umu semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional
perusahaan.
SIM mencerminkan suatu sikap para eksekutif yang
menginginkan agar komputer tersedia untuk semua pemecah masalah perusahaan.
Ketika SIM berada pada tempatnya dan berfungsi seperti yang diinginkan, SIM
dapat membantu manajer dan pemakai lain dalam perusahaan mengidentifikasikan
dan memahmi masalah
A. PENGERTIAN INTERNET
Internet berasal dari kata Interconnection Networking
yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk
sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan
melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
1.1. Fasilitas Internet
Fasilitas-Fasilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :
² Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
² E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
² Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
² FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.
1.2. Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila Anda bekerja dalam Internet, diantaranya yaitu:
² WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perputakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
² Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
² Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
² Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
² Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.
B. Pengertian Intranet
Intranet adalah
sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja
digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET)
pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi
satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang
punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak
perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet
menggunakan semua protocol TCP/IP dan aplikasi-nya sehingga kita memiliki
“private” Internet.
Intranet merupakan sebuah organisasi (biasanya
perusahaan) yang dilengkapi dengan sebuah atau beberapa web server
untuk keperluan organisasi tersebut. Web server digunakan untuk
keperluan sehari-hari yang sifatnya internal seperti untuk
menyipan memo,
market survey,
dan lain sebagainya. Biasanya akses ke web server
ini hanya dapat dilakukan dari dalam karena dilindungi oleh sebuah firewall
C. Pengertian Ekstranet
Ekstranet adalah
sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan orang-orang
dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang berada di dalam
perusahaan. Secara umum diartikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan
antara mitra-mitra bisnis melalui internet atau dapat diartikan sebagai
jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan intranet antara
perusahaan-perusahaan yang bekerjasama. Tujuan utama dari ekstranet
adalah untuk menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis,
ekstranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan
ditutup umtuk masyarakat umum
Tipe-tipe dari Ekstranet
Tipe-tipe utama dari ekstranet adalah (berdasarkan
rekan bisnis yang terlibat dan tujuannya) :
v Perusahaan
dan dealernya, pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti ini dipusatkan
pada satu perusahaan
v Sebuah
ekstranet industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet yang berguna
untuk mereka
v Joint
Venture dan kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung untuk
membentuk ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi dan
berkomunikasi
IMPLEMENTASI
Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama
terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak
adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet,
electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine,
intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara.
Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan
suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman
dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi
lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.
KEUNGGULAN KOMPETITIF PERUSAHAAN
Keunggulan kompetitif adalah
kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit
melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya
ada dua prinsip pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan
kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk.
Faktor Keunggulan Kompetitif
Tiga faktor yang berkontribusi positif terhadap
pencapaian keunggulan kompetitif ialah ;
(1) Rekayasa
ulang proses bisnis dalam perusahaan perlu dilakukan untuk meningkatkan
efektifitas penggunaan peralatan yang berbasis Teknologi Informasi tersebut.
Aplikasi Teknologi Informasi di perusahaan perlu dilakukan secara konsisten
dengan cara melakukan berbagai penyesuaian proses operasi dan perubahan
struktur organisasi.
(2) Disain
sistem atau “System design” adalah suatu proses yang sangat menentukan
kebermanfaatan sistem Teknologi Informasi dalam operasi bisnis.
(3) Perencanaan
produksi yang didukung oleh Teknologi Informasi akan mampu meningkatkan
keunggulan kompetitif industri manufaktur.
Sedangkan dua faktor yang lain cenderung sebagai beban
perusahaan dan dapat menurunkan keunggulan kompetitif perusahaan ialah
(1)
Pelatihan Teknologi Informasi ialah program pelatihan untuk para staf operator
perusahaan.
(2)
Manajemen teknologi ialah suatu program perencanaan inovasi untuk penguasaan
teknologi dalam meningkatkan daya saing perusahaan.
Faktor penting yang menjamin adanya keunggulan
kompetitif yang terus berlanjut adalah kemampuan atau kompetensi perusahaan
yang berkelanjutan (Chandler dan Hanks, 1994). Kemampuan tersebut dapat
membentuk sandaran bagi strategi perusahaan. Selain itu, sistem informasi (SI)
juga penting dalam membentuk keunggulan kompetitif perusahaan. Kebanyakan
kegagalan perusahaan dapat dihubungkan dengan fakta bahwa sumber daya dan
kemampuan perusahaan tidak ditempatkan dengan benar. Dengan mengabaikan
hubungan SI dengan sumber daya dan kemampuan merupakan penyebab utama kegagalan
perusahaan. Karena itu, untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan adalah dengan memasukkan Logistics Information System (LIS)
sebagai sumber spesifik dalan kompetensi perusahaan.
Apa Logistics Information System
(LIS)
Logistics Information System (LIS) didefinisikan
sebagai orang, peralatan dan prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan,
mengurutkan, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan kebutuhan, waktu
dan informasi yang akurat dalam pengambilan keputusan (Murphy dan Wood, 2004).
Implementasi SI yang berhasil dalam mendukung proses logistik akan memberikan
keuntungan bagi perusahaan (Lai, Ngai dan Cheng, 2005). SI tidak hanya
meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses logistik, tetapi juga memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap strategi logistik dan struktur organisasi
(Bowersox dan Daugherty, 1995). Menggunakan SI dalam logistik juga memberikan
pengaruh dalam mencapai keunggulan kompetitif.
2.1 Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,
yaitu menghubungkan pemakai komputer
dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang
mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia
maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi,
bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita
dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
2.2 Sejarah internet Dunia
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,
U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia
ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah
sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang
menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke
luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer
pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada
tahun yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih
besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan
untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer
yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Karena komputer
yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah
protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk
Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali
lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan
dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian,
jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam
setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee
menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer
dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang
disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah
melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the
internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman,
dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau eretail muncul di internet.
Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga
sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
2.3 Sejarah Internet Indonesia
Beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang
mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2000
ini antara lain RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby
Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto merupakan nama-nama legendaris
yang masing-masing personal tersebut telah mengkontribusikan keahlian dan
dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalur
lebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum,
yaitu dial-up, dan jalur lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana
akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendah lainnya sekitar 42% dari
akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet ,
cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses
internet adalah di kampus dan dikantor.
2.4 Internet Masa Kini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi
teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian).
Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering
Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen
yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan
Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architecture Board – IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan
adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP,
HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas,
ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File
Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS,
finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan
World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun
berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan
adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang
dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk
berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program
pengirim pesan instan seperti Camfrog, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan
Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup(?)
(Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Sama
seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu,
yang dikenal dengan nama Nettiquette
2.5 Istilah Dalam Internet
Banyak sekali istilah-istilah yang ada dalam Internet. Bagi mereka yang
baru mengenal internet pasti belum begitu paham tentang istilah dalam komputer.
Beberapa istilah dalam internet antara lain :
- E-Mail
Surat menyurat melalui internet, pengguna dapat saling bertukar berita,
berita tersebut dikumpulkan dalam satu file untuk pengamatan berupa mailbox.
- E-Mail Address
Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya, alamat
tersebut berdasarkan DNS.
- Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data atau ke memori atau ke disk drive.
- Attachment
Fasilitas pada sebuah program email baik program komputer maupun webmail
yang dapat digunakan untuk mengirim file atau gambar yang diikut sertakan pada
sebuah email yang akan dikirim.
- Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan dokumen web sekalipun kita menggulung
scroolbar sampai ke akhir dokumen.
- Banner
Bagian yang tidak bergerak pada layer sekalipun kita mengulung dokumen.
- Blog
Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari
demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk
desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog.
Gratis dan mudah diaplikasikan.
- Body
Suatu Tag HTML yang digunkan untuk membuka dan menutup semua isian
(text,grafik,dan lain lain) dalam dokumen HTML.
- Browse
Perintah dalam lingkungan windows untuk menampilkan isi disk.
- Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.
- Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di internet.
- Chatt
Layanan percakapan online berbasis text yang biasa digunakan pengguna
internet untuk berbicara dengan pengguna lain.
- Counter
Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara
otomatis.
- Cyberscape
Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya
dapat diakses, jika komputer berhubungan dengan internet atau jaringan besar
lainnya.
- Dial
Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat internet
melalui saluran komunikasi.
- Dial-up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon untuk bias
berhubungan atara komputer yang satu dengan komputer lain atau bisa diartikan
provider internet memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya.
- Dial-up Line
Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up terutama jaringan umum
atau jaringan telepon biasa.
- Disconnect
Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau
keadaan tidak terhuubung dengan jaringan manapun.
- Download
Mengambil file dari satu komputer ke komputer lain.
- Error message
Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu
program
- Eudora
Program aplikasi layanan e-mail di internet
- Failure
Pernyataan yang menunjukan bahwa alat terkait tidak berjalan semestinya.
- Flame
Pesan dalam e-mail yang berisi kritikan atau pendapat biasanya dikirim
pengguna internet ke seorang atau sebuah newsgroup sebagai sel ekspresi
kesalahan karena adanya pelanggaran di internet.
- Freeware
software yang didistribuskan gratis kepada pemakai.
- Front Page/Namo WebEditor/Macromedia Dreamweaver
Software pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen html).
- Gif
Format file untuk menyimpanan data berupa gambar.
- Google
Nama search engine di internet.
- Guest Book
Fasilitas interaktif dalam sebuah hal web yang mengizinkan pengunjung untuk
menulis pesan.
- Hacker
Istilah untuk menyebut orang yang merusak system orang lain untuk sekedar
iseng tanpa memperoleh apapun dari tindakannya tersebut.
- Homepage
Halaman pertama dari suatu website
- Html
Singkatan dari Hypertext Markup Language. Format dokumen yang digunakan
dalam www (world wide wibe)
- Http
Bagian dari suatu url yang mengidentifikasikan lakasi sebagai satu yang
digunakan oleh html.
- Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain(bisa berupa file atau halaman yang
berbeda).
- Internet
Sebuah jaringan seluas dunia dengan lebih dari 100 juta pengguna
- Internet Provider
Suatu sistem yang menyediakan layanan hubungan ke internet, seperti
telkomnet, meganet, radnet, globalnet.
- Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu
instansi, atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
- IP
Ip adalah internet protocol suatu bentuk dari pengisian dan pengamatan
paketpaket informasi yang dikirim dalam internet.
- Ip Address
Sebuah pengindentifikasikan untuk sebuah computer atau perangkat pada
jaringan TCP/IP. Atau dapat diartikan sebagai alamat numeric dari sebuah
computer di internet, ip address sama fungsinya dengan nomor telepon kita di
rumah.
- Internet Explorer
Suatu browser web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft
- Irc
Irc (internet relay chat) sebuah layanan yang dapat berkomunikasi antara
orang yang satu dengan yang lain.
- ISP
Isp (internet sevice provider) adalah perusahaan yang menawarkan dan
menyediakan layanan jasa akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan
biaya. Contoh dari isp adalah telkomnet, indosat, centrin, cbn, wasantara.
- Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain misalnya
dalam system networking atau internet.
- LAN
Lan (local area networking) adalah sebuah jaringan yang berdiri sendiri
biasanya pada sebuah kantor atau perusahaan.
- Log In
Proses masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
- Log out
Keluar atau menutup sama artinya dengan sign out.
- Mailing List
Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail satu pesan dari
seseorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
- Member
Anggota member id merupakan identitas anggota,member name,nama anggota.
- Netscape
Browser graphical komersial terkenal
- Network
Sekelompok komputer yang terhubung yang biasa saling berbagi sumber daya,
seperti printer,atau modem,dan data.
- Newslatter
Lembar warta semacam bulletin di internet, atau dapat diartikan sebagai
lembar warta yang disebarluaskan melalui e-mail dengan tata letak menyerupai
halaman web.
- Page Wizard
Langkah-langkah yang diberikan secara berurutan untuk membimbing dalam
pembuatan sebuah halaman web.
- Provider
Perusahaan yang biasa melayani pembuatan website mengatur penempatan di
dunia cyber termasuk juga maintenance dan penyedia akses internet juga membantu
dari segi promosi agar website tersebut banyak dikunjungi para pengguna
internet.
- Search Engine
Sebuah fasilitas web yang bias mencari link dari situs lain.
- Send mail
Untuk menerima e-mail dari luar maupun dari system setempat dan
mengirimkannya ke tujuan.
- Server
Sebuah computer di internet atau jaringan yang menyimpan file dan membuat
file tersebut tersedia untuk diambil jika diperlukan.
- Sign In
Mendaftarkan diri menjadi member.
- Situs
Sebuah computer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau
layanan seperti newsgroup,e-mail, atau halaman web.
- Spam
Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail bias berupa pesan yang tak
berarti.
- Submit
Mengirim form yang telah terisi ke dalam server web.
- Teleconfrencing
Konfrensi jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau
lebih yang terpisah jauh secara geografis.
- Url
Uniform resource locator sebuah alamat yang menunjukan rute ke file pada
web atau pada fasilitas internet yang lain,url biasanya diketikkan pada browser
untuk mengakses suatu situs web.
- Website
Suatu koleksi dokumen html baik pribadi atau perusahaan dalam server
web,biasanya sebuah server web berisi lebih dari satu situs.
- WWW
World wide wibe servis internet yang dapat terkoneksi dengan dokumen
multimedia bersama hyper text.
BAB II
PEMROGRAMAN
INTERNET
( WEBSITE / SITUS )
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs
dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus
ada dalam situs antara lain:
2.1 Domain Name
Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di
dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan
kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita
pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL.
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.
Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet :
a. Generic Domains (gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau
.Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini
tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
- Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan
“commercial”.
- Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
- Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
- Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata
(military)
- Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit
(Organization).
b. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga
disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia),
.jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing
negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id,
.mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id,
dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung
pengguna dan pengunaannya
2.2 Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan
ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari
besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula
data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan
harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
2.3 Scripts
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam
situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis
atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan
maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi
kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis
jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP,
JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs
adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak
sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Scripts ASP, PHP, JSP atau
lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang
biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena
sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya
digunakan untuk membangun portal berita, artikel,
forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain
sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
2.4 Web Design
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts,
unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat
menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada
penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Untuk membuat situs
biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini
sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui
bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak
penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan
situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi
dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas
designer.
2.5 Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal
oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat
tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan
situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti
dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa
dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya
dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah
publikasi langsung di internet melalui search engine – search engine (mesin
pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar.
Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di
search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah
dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat
masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.
2.6 Pemeliharaan Web Site atau Situs
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu
sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel,
link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan
terkesan membosankan atau monoton, juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap
minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung
kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs
berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan
pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce,
dan lain sebagainya.
BAB III
INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Penggunaan Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian Amerika Serikat. Sejak tahun
1995 Internet mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Di luar negeri,
Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di
Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (Internets Service
Provider (ISP), e-commerce dan hiburan.
4.1 Manfaat Internet Bagi Pendidikan
Masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses sumber informasi
yang sangat sulit. Perpustakaan konvensional yang merupakan sumber informasi
sangat sulit dijangkau karena jumlahnya sangat terbatas dan dengan terbatasnya
ketersediaan buku. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal sehingga
ilmu (dalam hal ini sumber informasi) menjadi sangat sulit ditemukan dan
terkesan mahal. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat
mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya.
Tetapi patut disayangkan karena di negara kita Indonesia, internet masih sangat
mahal.
Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional
(perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet
seharusnya menjadi salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
Internet dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam perkuliahan. Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
Internet dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam perkuliahan. Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
4.2 Permasalahan internet untuk pendidikan
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak kendala, baik
dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan
sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita
hadapi adalah:
Akses Internet masih mahal
Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet sangat mahal sehingga masih
sangat sulit dijangkau oleh semua kalangan terutama insan pendidikan. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih
murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi
fokus utama Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah
untuk institusi pendidikan. Saat ini sudah diprogramkan oleh pemerintah dalam
bentuk JARDIKNAS (Jaringan Pendidikan Nasional) yang kabarnya akan
didistribusikan dan dapat menjangkau semua sekolah. Ini tentu saja tidak mudah
tetapi dilakukan secara bertahap.
Akses Internet masih susah diperoleh.
Salah satu solusi untuk layanan Internet adalah tersedianya warung internet
(warnet) yang menyediakan jasa layanan internet. Tetapi keberadaan warnet pun
tidak merata di seluruh Indonesia yang terfokus pada daerah perkotaan saja.
Sementara di daerah-daerah, akses internet masih merupakan sebuah masalah
karena fasilitas warnet masih terbatas bahkan masih ada daerah yang tidak
memiliki warnet. Kondisi ini diperparah dengan belum terjangkaunya seluruh
daerah oleh jaringan telpon yang bisa digunakan untuk mengakses internet.
Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
Internet didominasi oleh bahasa Inggris termasuk informasi-informasi yang
kita butuhkan dalam dunia pendidikan terutama sumber informasi yang akan
digunakan dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menjadi penghambat akses
informasi melalui internet karena dibutuhkan penguasaan bahasa inggris yang
baik, sementara kita sadari bahwa masyarakat Indonesia yang menguasai bahasa
global ini masih sangat terbatas atau kalau tidak mau dikatakan langka.
Tenaga Kependidikan Belum Siap
Dasar untuk pengoperasian layanan internet adalah keterampilan komputer.
Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang sangat mendasar karena masih tenaga
kependidikan yang belum mahir mengoperasikan komputer, sehingga sangat sulit
untuk menggunakan layanan internet. Hal ini bisa diatasi dengan menggalakkan
pelatihan untuk pengoperasian komputer dan internet.
Apa yang harus Dilakukan?
Penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih sangat jauh dari harapan.
Perlu perhatian dari beberapa pihak terutama pemerintah dan tenaga kependidikan
untuk membenahi diri dalam rangka penguasaan produk teknologi
dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Perhatian pemerintah sangat diperlukan
untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi hal ini bisa saja berbenturan dengan
penerapan otonomi daerah karena daerah sendiri yang memiliki otoritas untuk
pengembangan daerahnya walau pun tidak serta merta pemerintah pusat lepas
tangan.
Beberapa daerah khususnya di Sulawesi Selatan telah menerapkan penggunaan
internet di sekolah dan pengelolaan administrasi secara online. Pemerintah
daerah melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk pengembangan pendidikan
melalui akses internet dan pengelolaan administrasi online. Salah satu instansi
swasta yang getol melakukan pengembangan dunia pendidikan dengan akses internet
adalah Sistem Sekolah Cerdas Indonesia (SSCI) yang telah menerapkan kerjasama
dengan Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten Bantaeng. Ini merupakan angin
segar untuk dunia pendidikan. Semoga daerah-daerah lain melakukan hal yang sama
sehingga tidak seorang manusia indonesia pun yang tertinggal dalam dunia Teknologi
Informasi.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia,
yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di
seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari
mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,
U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses
internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya)
tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis)
melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita
dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas
jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di
dalam dunia maya ini.
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak
kendala, baik dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta
ketersediaan sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa
permasalahan yang kita hadapi adalah:
1. Akses internet masih mahal
2. Akses internet masih susah diperoleh
3. Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
4. Tenaga pendidik belum siap
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak
harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui
internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan
jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri
dengan segera kita dapatkan.
DAFTAR PUSTAKA
1. Wekipedia Indonesia,
WWW.Google.com
2. WWW.ilmu komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar